jump to navigation

Menghilangkan Trauma Persepsi (bagian 6) March 19, 2012

Posted by DPRa PKS Pamulang Barat in Da'wah, Motivasi, Organisasi, Pemikiran, Politik.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

KETIGA: Dauru annukhbah alqiyadiyah (peran kader pemimpin)

Bagaimana para kader pemimpin menyadari perannya (dauru nukbah alqiyadiyah), menyadari peran kader pemimpin yang ditunggu-tunggu oleh jama’ah, umat dan kemanusiaan. Peran – peran itu adalah:

1. Pertama, ad-daur al-irsyadi, peran membimbing dan menuntun.

Peran bimbingan, penuntunan, pengarahan dengan aneka ragam pendekatan sangat ditunggu. Terlalu banyak di masyarakat usaha musuh-musuh Islam di luar yang dhalun mudhil, sesat dan menyesatkan. Masyarakat ini perlu diselamatkan, umat ini perlu diselamatkan, bangsa ini perlu diselamatkan. Saya tercenung kalau melihat buruh keluar dari pabrik, mahasiswa keluar dari kampus. Wajah – wajah yang tersentuh tarbiyah masih sedikit, sangat jarang ditemukan diantara mereka. Jangankan tarbiyah, melihat wajah yang berwudhu saja kayaknya masih jarang. Apalagi pada strata yang lebih bawah. Ada di sana sini yang taqwa karena kesadaran dirinya tapi belum mendapat bimbingan dari kita. Kita jangan jadi organisasi yang hanya mengklaim jumlah anggota, jumlah kader tapi tidak ada langkah-langkah irsyadiyah baik ke dalam maupun ke luar. Tidak ada daur irsyadi baik ke dalam maupun keluar.

Tadi presiden kita menawarkan 500 personel DPP, DSP, MPP untuk disebar ke mana-mana untuk memerankan daur irsyadi-nya. Kalau seluruh kader berperan dalam seluruh aspek kehidupan seiring dengan thaqah dan kapasitas profesionalitasnya, memerankan daur irsyadi-nya di segala bidang, insya Allah, junudu dakwah ini akan berlipat ganda jumlahnya.

Irsyadiyah itu bukan hanya yang bersifat maknawiyah fikriyah, tapi irsyadiyah yang bersifat profesi harus juga dilakukan. Membimbing petani, nelayan, peternak ikan, pengusaha kecil. Dan kader – kader kita yang memiliki latar belakang pendidikan dan keahilan di bidang itu cukup banyak. Irsyadiyah harus di seluruh aspek kehidupan.

2. Kedua, ad-dauru at-takhtithi, peran perencanaan.

Pekerjaan itu harus direncanakan sehingga aktitifitas itu terukur langkah-langkahnya, terukur keberhasilan targetnya, terukur pengendaliannya. Kita harus melakukan perencanaan, termasuk langkah – langkah pribadi, langkah – langkah jama’ah ini ke depan. Insya Allah adanya Rapimnas ini —yang diantara tugasnya melakukan sinkronisasi rencana kerja dua tahunan— adalah salah satu peran daur takhtithi yang selalu kita tumbuh kembangkan, sehingga langkah – langkah kita terencana. Walaupun karena manusia ini tidak bi kulli syai-in ‘alim, mengetahui segala sesuatu, perencanaan harus flexibel, tidak kaku. Sehingga kita mampu merespon perkembangan – perkembangan dan hambatan – hambatan di lapangan, bahkan mampu memanfaatkan potensi – potensi di lapangan.

Kader harus sadar bahwa yang bergulir di lapangan bukan hanya rencana kita, rencana orang lain pun mereka usahakan untuk bergulir. Kader yang mengetahui betul perencanannya, insya Allah, jika mengetahui aneka macam perencanaan orang lain yang sedang bergulir itu, bisa tahu mana yang tawafiq (ada kesesuaian) dengan rencana kita, tanasub munasabahnya sama dengan kita dan bisa jadi ada tanasuq (sinkron) dengan rencana kita. Artinya tidak selalu program orang lain itu berbenturan dengan program kita. Itu namanya kembali ke yang tadi, ‘uqdah salbiyah.

Kita harus berpandangan positif, apalagi bahkan banyak partai – partai Islam, organisasi – organisasi Islam, yayasan – yayasan Islam, bahkan yang tidak menamai dirinya organisasi atau partai Islam pun basis sya’biyahnya adalah orang Islam. Rencana yang berjalan, kalaupun tidak Islami, qaribun ilal Islam (dekat kepada Islam) sengaja ataupun tidak sengaja, walaupun lembaga itu sekuler.

(bersambung)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: