jump to navigation

Da’i dan Ma’isyah (bagian 1) March 6, 2010

Posted by DPRa PKS Pamulang Barat in Da'wah.
Tags: , ,
trackback

Oleh Zainal Abidin

“Afwan akhi, ini masalah klasik.” Adalah ungkapan menarik yang biasa terdengar di kalangan aktivis da’wah apabila ditanya atas ketidakhadirannya dalam sebuah aktivitas da’wah. Ini adalah ungkapan tersirat aktivis da’wah yang menunjukkan bahwa ia sedang mengalami persoalan minim anggaran, sehingga ia tidak bisa hadir dalam aktivitas tersebut karena masalah ketiadaan ongkos.

Minimnya anggaran biaya seseorang, adalah dampak kurangnya pendapatan yang bersangkutan. Demikian pula kurangnya anggaran pendanaan sebuah komunitas, kelompok dan organisasi adalah boleh jadi merupakan dampak satu dari dua hal, yaitu kurangnya pendapatan masing – masing individu yang bergabung dalam komunitas tersebut; atau minimnya akses dan publikasi mereka tentang kelompok dan kegiatannya kepada sumber – sumber dana, yang mungkin mau memberi andil finansial dalam kegiatan tersebut.

Tetapi yang menjadi bahasan utama kita kali ini adalah dampak pertama, bukan yang kedua. Karena, pertama, membiayai seluruh kebutuhan dan kegiatan da’wah secara mandiri adalah lebih utama, dan lebih menjaga izzah (kredibilitas) seorang da’i, daripada mengharap pemberian orang lain; kedua, da’wah adalah pekerjaan mempengaruhi, sementara dalam ‘kacamata’ masyarakat, orang kaya lebih mudah berpengaruh jika dibandingkan dengan orang miskin, maka seorang da’i pun harus mnejadi kaya; dan ketiga, bantuan muhsinin (orang – orang baik) akan datang dengan sendirinya bila sang da’i telah bergerak dan menjalankan program – program da’wahnya. Seperti pernah disabdakan Rasulullah saw: “Bergeraklah! Pasti Allah menggerakkan hati para muhsinin (untuk membantu).” Tapi masalahnya sang da’i memang tidak bisa bergerak bila tidak punya modal, maka untuk itulah kita bekerja, mencari anggaran sendiri dari hasil usaha yang kita lakukan sendiri.

(bersambung)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: